Sabtu, 26 Mei 2018

Tips Parenting Untuk Membuat Anak Displin Tanpa Harus Memukul


Sehari-hari pasti ada perilaku anak yang membuat kita kesal. Anak tidak mau mengikuti aturan yang telah anda buat di rumah. Mendisiplinkan anak memang sulit. Tidak bisa dilakukan secara instan. Anda harus sabar dan jangan mudah menyerah. Selain itu jangan cepat memukul anak, bila dia melakukan kesalahan. Memukul anak tidak membuat anak jadi displin, malah berpengaruh ke IQ dan trauma pada dirinya. Berikut ini tips parenting untuk mendisiplikan anak tanpa harus memukul. 


Kendalikan Amarah 

Pada saat anak mulai mandel dan membuat anak marah, cobalah untuk belajar mengendalikan amarah. Jangan langsung marah,karena bisa menyakiti anak. Lakukan beberapa cara untuk mengendalikan diri. Anda bisa menjauhkan diri sejenak dari anak. Diamlah beberapa menit dan alihkan ke hal lain. Bila belum bisa mengatasinya, anda bisa menuliskan kemarahan ke buku, ini akan membuat amarah anda tetap terkendali. 


Gunakan Hukuman Yang Wajar 

Pada saat anak melakukan kesalahan, anda bisa memberikan hukuman. Hukuman akan membantu anak lebih displin. Tetapi berilah hukuman yang wajar atau masuk akal. Jangan gunakan hukuman yang menggunakan kekerasan fisik. Karena bisa berpengaruh ke mental anak dan membuatnya trauma. Misalnya anak tidak mau membereskan mainannya sendiri. Anda bisa memberikan hukuman, akan membuang mainan atau tidak mengurangi uang jajannya, jika ia tidak bisa membersihkan mainanya sendiri. Berikan hukuman yang membuat anak merasa bertangungjawab dan lebih displin. 


Tulis Permintaan Maaf 

Tips parenting ini bisa dilakukan pada anak yang sudah menulis. Anak yang sudah memasuki bangku sekolah. Ketika anak nakal atau melakukan kesalahan, suruh dia untuk menulis permintaan maaf. Engan menulis, akan membuat dia tahu bahwa apa yang dia lakukan salah. Selanjutnya anak akan berperilaku lebih baik lagi dan tidak melakukan kesalahan yang sama. Selain menulis permintan maaf, anda bisa menyuruh anak menulis hal negatif yang telah dia lakukan. 


Gunakan Timeline 

Dengan adanya timeline yang jelas, anak tahu apa yang harus dia lakukan dan apa yang tidak boleh. Buatlah batas waktu tertentu, misalnya anak sudah buat rumah berantakan dan tidak mau membersihkannya. Anda bisa marah dan memberikan hukuman pada anak. Jadi anak tahu, peringatan dan hukuman apa yang akan dia dapatkan. Bila melakukan kesalahan itu. Catat timeline dan letakan di tempat yang bisa dibaca anak anda. 


Berikan Tanggung Jawab 

Sejak dini,ajarkan anak rasa tanggungjawab. Ketika anak tidak menurut, anda bisa memberikan tugas kepada anak. Berikan tugas yang bermanfaat dan bisa melatih rasa tanggung jawab anak. Misalnya membersihkan rumah, mencuci piring dan lainnya. Walaupun tugas itu tidak dia sukai, ini akan menjadi sebuah hukuman buat dia. 

Jadi jangan gunakan kekerasan atau pukulan untuk menghukum anak. Itulah sedikit tips parenting untuk para orang tua. Semoga bermanfaat. 

Deskripsi: tips parenting mendidik anak untuk displin tidak harus dengan memukulnya, anda bisa memberikan hukuman lainyang masuk akal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Populer Posting

Perhatian Lebih Untuk Wajah Berminyak Pada Pria